23/11/10

malu dong sama yang tuaa

Pagi hari di kopaja, aku liat seorang lelaki, entah tua atau muda, gak keliatan dia pake helm, naik motor, dia diboncengin. Kakinya diperban gede, tangan kanan pegang tongkat (alat bantu jalan, bukan tongkat kayu ya). Lalu aku mikir, wah hebat ya Bapak itu, meskipuk keadaan gt, masih aja berangkat kerja. Aku tau kalo dia berangkat kerja, karena sering liat, bukan cuma sekali ini aja.. Trus mikir lagi, beda banget ya sama preman2 d bus yang suka berkedok tukang ngamen itu, cuap2 bentar, ancem, minta duit. (⌣́_⌣̀)

Jadi teringat, belum lama ini baca entah dimana aku lupa, tentang seseorang yang melihat kuli panggul, lalu dia berkomentar, wah kuat sekali ya Bapak itu. Dan orang di dekat dia tanya, "bapak tau apa yang bikin dia kuat?" dijawab setengah bercanda "minum jamu ya?" , bukaan, dia kuat karena anak istri, karena ingat anak istri yang harus dikasih makan.

Wow, terharu banget baca nya.. Terharu sama perjuangan Bapak itu untuk menghidupi anak istri nya, beda banget sama pemalas yg suka malak di bus itu..

Sekarang jadi mikir kalo mau males kerja.. Betapa banyak orang lain yang kerja lebih keras dari aku, contohnya aja nih supir kopaja di sebelah ku, kuli panggul, pedagang asongan, dll.

Baru aja diomongin, naek nih tkg ngamen yg ngancem2.. Benci aku dengan kalimatnya " tolong menolong aja pak bu, daripada todong menodong, lebih enak kan? Uang seribu dua ribu gak akan buat anda jatuh miskin Pak, Bu.. Masih mending kami ini yang naik, dari pada tukang copet, hp dan dompet anda bisa ilang." WTF, enak aja mereka bilang gt, masih muda2, gak malu sama kuli panggul yg udah tua2, mereka juga dapet duit seribu dua ribu susah payah..

Tidak ada komentar: